Baca Berita

Penilaian Lomba Sekaa Teruna (06 Oktober 2017)

Oleh : kesimankertalangu | 26 Oktober 2017 | Dibaca : 118 Pengunjung

   Sekaa teruna merupakan organisasi pembinaan generasi muda khususnya anak yang masih berusia sekolah maupun tidak sekolah guna mendalami dan menerapkan arti pentingnya bersosial dalam masyarakat. Keberadaan kelompok  ini sebenarnya untuk memantapkan kegiatan sosial tanpa mengenal status masing-masing orang dalam masyarakat yang dihubungkan dengan adat istiadat Hindu dalam mengajegkan Budaya Bali, yang sejalan dengan visi dan misi kota Denpasar yang berwawasan budaya. Berdasarkan hal tersebut pemerintahan kota Denpasar mengadakan Lomba Sekaa Teruna se-Kota Denpasar, yang diikuti oleh perwakilan sekaa teruna dari setiap kecamatan yang ada di Kota Denpasar.

    Pada tahun 2017 ini evaluasi Lomba Sekaa Teruna diadakan tanggal 4, 6, 8 dan 10 Oktober 2017, dalam kesempatan tersebut kecamatan Denpasar Timur yang diwakilkan oleh Sekaa Teruna Taruna Jaya dari Banjar Kertajiwa, Desa Kesiman Kertalangu dievaluasi pada hari jumat, 6 oktober 2017. Sebelum hari evaluasi sekaa teruna taruna jaya pun melaksanakan berbagai macam persiapan yaitu pelatihan pesangkepan, pelatihan persembahyangan, pelatihan pembuatan sarana upacara dan lain sebagainya yang dibimbing oleh tim pembina dari kecamatan denpasar timur. Kegiatan evaluasi pada hari tersebut berjalan lancar di mulai dengan penyambutan dari ketua sekaa teruna taruna jaya dan pernyataan kesiapan untuk dievaluasi kepada Walikota Denpasar yang dalam kesempatan tersebut diwakilkan oleh Ibu Plt. Dinas Kebudayaan, bersama para Dewan juri yang berasal dari Tim Widyasabha Kota Denpasar. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembukaan, penyampaian laporan ketua sekaa teruna dan sambutan dari ibu Plt. Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. Kemudian evaluasi dari tim juri ke masing – masing bagha dimulai, dewan juri membagi diri menjadi 3 bagha (3 Bagian) yakni : Pawongan  yang bertempat di bale banjar kertajiwa, palemahan dan prahyangan yang dilaksanakan di pura mertasari banjar kertajiwa.

   Hasil dari seluruh evaluasi sekaa teruna se-kota denpasar disampaikan pada akhir lomba genu wirasa yang merupakan rangkaian dari lomba sekaa teruna pada tanggal 21 oktober 2017 bertempat di wantilan pura agung loka natha, hasil dari evaluasi tersebut yaitu sekaa teruna Taruna Jaya memperoleh juara II.


Oleh : kesimankertalangu | 26 Oktober 2017 | Dibaca : 118 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Foto
Perpisahan KKN UNWAR (1 September 2017)
Video
Siaran Semarak Budaya Desa Kesiman Kertalangu 2018 dari Bali TV
Facebook
Twitter